Find What You Find Here

Cara Menghilangkan Komedo

 http://www.ciricantik.com/wp-content/uploads/2014/10/tips-menghilangkan-komedo-secara-alami.jpg
Komedo merupakan penyumbatan pada pori-pori kulit sehingga muncul tonjolan kecil berwarna putih yang disebut whitehead dan yang berwarna hitam dikenal sebagai blackhead, pada sekitar kulit atau wajah anda. Terkadang komedo juga berwarna kekuningan. Biasanya sasaran utama munculnya komedo yaitu pada wajah, area hidung dan sekitar mata. Komedo dapat berkembang menjadi jerawat, yang dikenal sebagai papul atau pustule. Komedo secara umum biasanya muncul dan berkembang pada saat dan setelah masa pubertas, ketika kadar hormon menghasilkan sebum yang berlebih.
 


Sebum yang berfungsi untuk melembabkan kulit tersebut mengalir keluar dari pori-pori yang terbuka. Kadang-kadang keluarnya sebum juga tersumbat dan disitulah bakteri mulai menumpuk. Bagi anda yang terkena masalah ini jangan khawatir untuk mencari solusinya karena disini akan dijabarkan penjelasan mengenai cara menghilangkan komedo secara alami. Memang cara ini nampak gampangan dan murahan, tapi tunggu dulu jangan langsung menilai dari luarnya saja tapi khasiat yang terkandung didalamnya akan sangat ampuh dan hasilnya pun tidak akan mengecewakan. Mungkin perlu tingkat kesabaran yang lebih ekstra untuk melakukan hal ini karena ini bukan cara yang instant dan cepat, karena dibutuhkan keteraturan anda dalam menerapkanya untuk mendapatkan hasil maksimal.


Penyebab Komedo
 
1. Gorengan
Kulit kita merupakan hal sangat sensitif dan sangat dipengaruhi oleh pola makan kita sehari-hari. Hal yang sering kita makan namun itu yang dapat menimbulkan komedo adalah gorengan. Makanan ini biasanya berasa manis dan mengandung karbohidrat yang tinggi sehingga menyebabkan kulit menjadi rusak. Anda bisa saja bandingkan sendiri jika anda sering mengkonsumsi gorengan dan tidak. Untuk menghindari komedo, ganti konsumsi gorengan tersebut menjadi buah dan sayur yang segar. Buah dan sayur sendiri banyak mengandung nutrisi untuk kulit sehingga akan membuat kulit tetap sehat.

2. Wajah Kotor
Kondisi badan yang penat setelah seharian bekerja dan di tambah dengan polusi udara membuat wajah menjadi kotor. Celakanya banyak orang yang mengabaikan ini dan langsung melakukan pekerjaan lain, seperti tidur dan nonton TV, setelah sampai di rumah. dengan menumpuknya kotoran di wajah dapat membuat pori-pori menjadi tersumbat. Komedo sudah pasti akan muncul di hidung.

3. Merokok
Banyak orang yang hanya mengetahui bahwa merokok lebih menyerang kesehatan paru-paru. Padahal dengan anda merokok juga dapat menyebabkan munculnya komedo. Asap rokok yang mengandung partikel halus bersifat berbahaya bagi kesehatan wajah. Komedo pun akan semakin mudah muncul di hidung. Selain menyebabkan komedo dan jerawat, kebiasaan merokok juga dapat membuat kulit cepat keriput.

4. Make up Berlebihan
Bagi kesehatan wanita, menggunakan make up yang berlebihan memang dapat menimbulkan beberapa resiko. Selain dapat menyebabkan iritasi akibat penggunaan bahan kimia yang berlebihan di wajah, make up dapat menyumbat pori-pori dan dapat menyebabkan komedo.

5. Alkohol dan Kafein
Mengkonsumsi alkohol dan kafein secara terus menerus selain dapat menimbulkan berbagai efek samping dalam tubuh kita, juga dapat menyebabkan munculnya komedo. Alkohol dapat menyebabkan pola tidur anda kacau dan hal ini berakibat pada terganggunya kesehatan kulit wajah. Sedangkan kafein mampu merangsang kelenjar minyak untuk berproduksi berkali-kali lipat sehingga hidung anda berminyak dan dapat menimbulkan komedo.

6. Hormon Tidak Stabil
Kadar hormon setiap orang berbeda-beda, dan beberapa orang di antaranya memiliki hormon yang tidak stabil. Seseorang yang memiliki kadar hormon testosteron tinggi lebih mudah berkomedo. Hal ini dikarenakan aktifnya kelenjar sebaceous yang menyebabkan sebum berproduksi secara berlebihan.

7. Malas Keramas Rambut
Keramas rambut sepertinya tidak berpengaruh terhadap wajah, namun sebenarnya  ini dapat menyebabkan komedo juga. Kulit kepala yang memproduksi minyak berlebih akan mengalir ke wajah pada saat terkena air dan bercampur dengan bakteri dan kotoran. Hal inilah yang dapat menyebabkan penyumbatan pada pori-pori di wajah dan dapat menimbulkan komedo.


Berikut Cara Menghilangkan Komedo


1. Menggunakan Pala
Salah satu cara menghilangkan komedo di hidung secara alami adalah dengan menggunakan buah pala. Buah pala bermanfaat untuk menghaluskan kulit dan apabila dicampur dengan air susu dapat menghilangkan komedo karena campuran ini mengandung asam laktat yang mampu mememcah sel-sel kulit mati saat membilas wajah. Caranya cukup dengan mencampur bubuk pala dan susu hingga nanti terbentuk seperti pasta. Bersihkan dahulu wajah anda menggunakan air bersih dan oleskan campuran itu di hidung yang berkomedo. Oleskan secara lembut dan biarkan kurang lebih 10 menit. Setelah itu bilas menggunakan air hangat agar pori-pori tidak tertutup.
2. Menggunakan Gelatin dan Susu
Gelatin dan susu mampu membuat scrub yang lengket dan mampu menarik komedo di hidung. Untuk melakukannya cukup campurkan 1 sendok makan bubuk gelatin tanpa rasa dengan 1,5 sendok makan susu bubuk ke dalam mangkok anti panas. Setelah itu masukkan mangkok tersebut ke dalam microwave selama 10 detik. Oleskan scrub gelatin dan susu tersebut ke hidung yang berkomedo menggunakan kuas. Diamkan kurang lebih 10 menit hingga scrub mengering. Lepaskan secara perlahan scrub tersebut dan anda akan mendapatkan wajah bersih tanpa komedo.
3. Menggunakan Madu
Madu berkhasiat menghilangkan komedo di wajah anda karena madu dapat melembabkan kulit dan membuka pori-pori yang tersumbat. Untuk mendapatkan hasil maksimal, gunakanlah madu yang berkualitas baik. Madu berkualitas baik ditandai dengan teksturnya yang lengket dan berwarna pekat. Anda cukup meletakkan madu ke jari anda dan usapkan di hidup yang berkomedo. Madu akan membuat komedo menempel dan tertarik saat membersihkannya. Lakukan hal ini sampai madu mengering di hidung dan terakhir bilas menggunakan air bersih.
4. Menggunakan Teh Hijau
Teh hijau selain dapat menenangkan pikiran, juga berkhasiat untuk menghilangkan komedo di hidung. Hal ini dikarenakan teh hijau kaya akan kandungan nutrisi antioksidan yang membuat wajah menjadi sehat. Caranya cukup campurkan teh hijau dan air hangat, tunggu beberapa saat hingga dingin dan oleskan air teh hijau di hidung yang berkomedo. Terakhir adalah bilas dengan air hangat.
5. Menggunakan Putih Telur
Cara menghilangkan komedo di hidung secara alami yang efektif namun kurang disukai orang karena baunya adalah dengan menggunakan putih telur. Tapi jika tidak ada cara lain yang dapat anda tempuh, maka silahkan anda mencoba cara ini. Caranya bersihkan wajah terlebih dahulu hingga bersih, kemudian oleskan putih telur secara merata di hidung menggunakan jari. Tunggu hingga kering lalu oleskan lagi untuk menjadi lapisan kedua. Diamkan kurang lebih 15 menit hingga mengering, kemudian lap wajah menggunakan kain basah hangat sampai bersih.
6. Menggunakan Lemon
Lemon memang sudah terkenal meyehatkan dan mencerahkan kulit. Anda juga bisa menghilangkan komedo di hidung secara alami menggunakan lemon dengan cara mengoleskan potongan lemon ke hidung yang berkomedo. Atau anda juga bisa mencampurkan air jeruk lemon dengan minyak almond dan gliserin. Oleskan campuran ini ke hidung yang berkomedo secara merata. Tunggu hingga 5 menit sampai meresap dan bilas dengan air bersih.
7. Menggunakan Kayu Manis
Kayu manis terkenal sebagai bumbu masakan, namun juga dapat digunakan sebagai bahan alami penghilang komedo. Anda cukup mencampurkan satu sendok teh bubuk kayu manis, air jeruk lemon dan bubuk kunyit. Setelah campuran itu merata, saatnya oles di hidung yang berkomedo. Diamkan sejenak kurang lebih 15 menit dan bilas menggunakan air bersih.

Demikianlah Cara Menghilangkan Komedo (Baca juga Cara Menghilangkan Jerawat). Anda bisa mempraktekannya di rumah tanpa perlu ke klinik kencatikan. Semoga berhasil dan mendapatkan hasil sesuai keinginan anda. Jika cara tersebut tidak bekerja efektif maka alangkah baiknya untuk berkonsultasi pada dokter spesialis kulit maupun ahli terapis alami untuk mendapatkan perawatan selanjutnya. Sekian.
Tag : Trik & Tips
0 Komentar untuk "Cara Menghilangkan Komedo"

Kita sebagai Blogger yang baik, budayakanlah
berkomentar setelah membaca.
Ayo tingkatkan tali
persaudaraan kita para Blogger, khususnya Blogger
Indonesia.
Komentar sobat sangat berarti bagi saya.
1. Berikanlah komentar yang membangun, jangan
yang menjatuhkan.
2. Komentar jangan spammy, merugikan juga bagi
sobat.
3. Jangan menyertakan link hidup.

Ryan Corporation. Diberdayakan oleh Blogger.
Back To Top